Jumat, 25 Mei 2012

STAIL Hidayatullah Surabaya kampusku


HP HARAM DAN SIKAP SANTRI

J.harianto sholin
Mahasiswa STAIL Hidayatullah Semester 4

Teknologi adalah suatu yang tak terbendung lagi bagi semua orang untuk saat. Dengan demikian sudah layak semua kalangan mahasiswa memiliki alap berupa HP sebagai penunjan informasi untuk wawasannya. Tapi, pernyataan ini sangat jaih berbeda dengan santri Hidayatullah Surabaya. Lalu bagaima sikap santri ,,?
Pondok pesantren Hidayatullah surabaya adalah salah satu tempat miniatur islam yang didalamnya menegakkan syari’at islam dalam kehidupan sehari hari orang orang yang ada disana. Walaupun begitu pesatnya perkembagan teknologi pada saat ini, pondok ini tidak begitu terpengaruh dengan hal hal teknologi yang begitu kuat dalam merubah sikap manusia pada saat sekarang ini.
Pesantren Hidayatullah Surabaya ini memang sudah mendirikan pendidikan mulai dari TK sampai perguruan tinggi. Santri yang kelas SMP sampai mahasiswa dilakukan berasrama yang akan menjaga dan mengontrol kemajuan pendidikan anak, perkembangan anak dan terkhusus akhlak anak. Agar tidak terpengaruh oleh hal hal yang mengganggu proses belajar dan merusak akhlak para santri. Ini yang merupakan pusat perhatian pendidikan di pesantren ini yang cita cita untuk menjadikan lulusan dari pondok pesantren Hidayatullah Surabaya ini memiliki tauhid yang kokoh dan akhlak yang mulia serta mampu menegakkan ibadahnya secara mandiri.
Salah satu hal yang merupakan pelanggaran yang beat di pondok pesantren ini adalah menggunakan HP dan bahkan haram hukumnya bagi orang yang memilikinya. Ini berlaku bukan hanya bagi santri SMP atau SMA tetapi haramnya menggunakan HP ini juga berguna bagi mahasiswa mulai dari semeter satu hingga semester tujuh.
Dengan keadaan seperti ini ternyata bukan menjadikan santri bersikap tidak baik atau tidak patuh terhadap peraturang dalam pondok pesantren ini. Tapi ini ternyata di sadari olah para santi bahwa penggunaan HP  yang belum pada saatnya malah menjadikan semangat belajar yang menurun dan bahkan HP ini juga menjadikan santri menjadi malas belajar. Sehigga dengan pengharaman HP seperti ini tidak menjadikan para santri ketinggalan jaman tetapi malah membuat waktu yang dimiliki para santri bisa digunakan secara maksimal untuk tuntutan belajarnya.
Walaupun demikian pondok pesantren Hidayatullah ini bukan berarti langsung memutuskan hubungan silaturahmi kepada orang tua melalui jaringan telpon. Tetapi para pengasuh pesantren ini memberikan pasilitas HP umum yaitu Hp yang hanya digunakan untuk menelpon yang penting saja kepada keluarga dan HP ini di pegang olah pengasuh pesantren. Ini lah salah satu yang merupakan pelayanan yang menjadikan para santri dapat berkomunikasi kepada keluarga dengan terkontrol dan tidak terpengaruh oleh rusaknya moral yang ada pada para pelajar saat ini.
Dengan kemitmen pondok pesantren ini yang akan menjadikan para santrinya yang bisa tampil bagi masyarakat dan sebagai pencerah bagi ummat. Sehingga akan terbangun peradan islam kembali di permukaan bumi ini sebagai mana cita cota besar pondok pesantren Hidayatullah Se-Indonesia.
Dengan kepercayaan bersama antara para santri dan pengasuh pondok pesantren ini, terbentuklan suasana dan kehidupan yang Islami, ilmiah dan alamiah serta tidak lepas dari syari’at Islam sebagai proritas utama. Dengan dukungan dari para santri yang memberikan sikap yang positif  terhadap seluruh peraturan pondok . sehingga aktivitas yang ada di pesantren ini berjalan dengan baik dan terbentuk jiwa jiwa yang jujurempati dan kerjasama.
Oleh karena itu mari kita sebagai santritetap menjaga kepercayaan dan kejujuran kita sesama penghuni yang ada di bawah naungan pondok pesantren Surabaya ini. Tentunya seorang pendidik kita lebih tau tentang diri kita dari pada kita sendiri karna mereka sudah pernah mangalami dan melawati seperti kita saat ini. Sedangkan kita belum mengalami keadaan para pendidik kita. Dengan sikap yang baik terhadap haram HP ini ternyata membantu diri kita agar kita tidak membuang buang waktu belajar kita kedalam hal yang tidak bermanfaat. Dan sudah hal yang pasti itu semua adalah untuk masa depan para santri dan mental yang kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar